Penyakit tangki motor yang bocor mungkin banyak dialami oleh pemilik motor cowok misalkan motor saya pribadi ini yaitu honda tiger revo, tangki bocor ini sering terjadi pada honda tiger, honda mega pro, dan GL yang mayoritas motor-motor baru. apakah para brother maniak sering mengalami kejadian serupa ini?
Apa langkah pertama saya ketika tangki motor saya ini bocor?yang pertama adalah menambal dengan sabun deterjen seperti ini,tapi ini hanya bertahan dalam beberapa jam saja.
Bingung harus berbuat apalagi,akhirnya langkah kedua langsung saja aq bawa ke tukang patri dengan ngeluarin gocek 180ribu.alhasil tangkiku di patri rata seperti gambar di atas.
Akhirnya aq agak lega setelah di patri ternyata tidak bocor lagi, dan motor tigerku siap digeber lagi...brrrrrrum..berangkattt..
tidak disangka,setelah seminggu tangki yang ditambal kokoh menggunakan timah itu akhirnya bocor lagi.pusing rasanya udah ngabisin uang banyak karena harga jasa patri yang begitu mahal ehh ga taunya bocor lagi.
saya ga kehilangan akal, saya beli lem besi di toko bangunan. saya tambal yang bocor tadi, masih belum puas trus saya tambal rata tangki honda tiger.
dan masih belum puas lagi setelah saya tambal menggunakan lem besi saya cat menggunakan pylox.di dalam hati saya yang paling dalam berkata "tidak bakal bocor lagi untuk yang ketiga kalinya!!!"
taraaaaaa...akhirnya jadi tangki modif ala saya sendiri...wkwkwkwk
dengan hati senang dan bangga, saya geber motor muter-muter kota surabaya..ahayy..
tidak selang lama,tangkiku bocor lagi.sedih sedih...
udah keabisan akal,akhirnya aq pake cara yang terakhir yang aq jamin tidak bakal bocor.yaitu beli tangki motor tiger baru dengan harga 600 ribu rupiah.hikZ..
Sebenarnya cara-cara diatas jangan ditiru, itu adalah langkah salah saya agar dengan harapan tangki saya hilang dari penyakit bocor.
ternyata semua hasilnya nihil.
Ini ada sedikit Tips merawat tangki motor yang saya baca dari berbagai sumber agar tangki motor para pecinta motor tidak bocor seperti motor saya.
-Jika sudah bocor ganti plat bawah tangki dengan plat bahan Galvanis trus bagian dalam tangki di cat poksi anti karat, dijamin tidak ada keluhan rembesan yang berpindah pindah.
untuk bahan yang kedua ini sebenarnya cepat kering.
cara lengkapnya:
Langkah awal lepaskan tangki dari motor, kuras bensin dan keringkan. Jika korosinya sudah parah ada baiknya ditambal terlebih dahulu. Kemudian ikuti proses berikutnya. Siapkan pelor komstir sebanyak mungkin dan 1 liter tiner. Masukkan ke dalam tangki dan guncang agar pelor bergerak ke seluruh tangki. Lakukan proses ini berulang-ulang, sehingga cairan tiner yang keluar dari tangki bersih dari karat. Kemudian keringkan di bawah terik matahari.
Setelah benar-benar kering, siapkan campuran tiner dengan epoxy. Usahkan campuran ini jangan terlalu kental, ada baiknya encer. Masukkan cairan epoxy ini ke dalam tangki. Goyangkan tangki agar cairan epoxy merata ke seluruh bagian. Diamkan tangki di tempat teduh hingga lapisan epoxy kering. Lakukan ini berulang ulang agar lapisan epoxy di dalam tangki tebal.
Setelah selesai pasang kembali tangki ke posisi semula.
terima kasih semoga berguna brother maniak.