Sabtu, 23 Januari 2016

KAWASAKI NINJA 300

KAWASAKI NINJA 300


Satu lagi produk motor baru dari kawasaki. Tepatnya pada tanggal 20 februari yang lalu, pabrikan dengan ciri khas warna hijau itu mengeluarkan 2 produk baru yaitu Kawasaki Ninja 300 dan Kawasaki Ninja ZX 10 r. Pastinya kedatangan motor ini, akan menambah dan melengkapi motor - motor sport kawasaki, dan pastinya dengan ini persaingan otomotif di Indonesia akan semakin memanas.

Kali ini kita hanya akan membahas motor Kawasaki Ninja 300. Motor ini bisa dibilang sebagai kakak dari motor Kawasaki Ninja 250 Fi karena memiliki desain yang hampir mirip, yang membedakan Ninja 300 memiliki body yang agak lebih panjang dan pada bagian buritan agak tinggi dibandingkan dengan Ninja 250 Fi. Performa motor Ninja 300 ini tidak perlu diragukan lagi, karena sebelum masuk ke Indonesia motor ini sudah sangat populer di Eropa, Amerika dan bahkan juga di Asia. Penjualan motor ini di Eropa, Amerika dan asia sangat laris sekali.
Motor ini memiliki berat yang sama dengan sang adik yaitu 172 kg. Kemudian memiliki tangki yang besar dengan kapasitas bahan bakar 17 liter. Dengan tangki kapasitas besar tentunya akan memudahkan kita dalam perjalanan jauh karena tidak harus sering berhenti untuk mengisi bensin.
Sumber gambar https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjVWFUv-3LrDRwxo73U4NJT3Hw501fj2LYng2iAxwlkQbekfJm3Eph0ga3vp5f_qpPC_vQrd_PTAnTwBRRHzJvBGw-rOEmzRGiJb4Wz3M2Fhdr2UmIRB_VG237ixzchmIYnuB9dS12aSvap/s1600/gre.jpg

Untuk kenyamanan motor Ninja 300 ini menggunakan ban berukuran 110 / 70 - 17 M / C ( 54 S )untuk bagian depan, sedangkan untuk bagian belakang menggunakan ban dengan ukuran 140 / 70 - 17 M / C ( 66 S ). Ban yang digunakan ini masih sama persis dengan yang digunakan oleh sang adik yaitu kawasaki Ninja 250 Fi.

SUspensi yang digunakan untuk motor ini menggunakan garpu teleskopik 37 mm pada bagian depan, dan pada bagian belakang menggunakan Uni - track sistem dengan model gas - shock yang memiliki 5 tingkat penyetelan keamanan. Pada bagian pengereman motor ini telah menggunakan rem cakram tunggal dual - kaliber piston dengan diameter 290 mm pada bagian depan, sedangkan pada bagian belakang menggunakan rem cakram tunggal dual - kaliber piston dengan diameter 220 mm. Ditambah lagi motor ini telah menggunakan teknologi sistem ABS ( Anti - Lock Braking Sistem ) dari Nissin. Pihak kawasaki benar - benar berusaha memberikan tingkat keamanan yang tinggi pada motor ini.

Walaupun bila di lihat secara langsung motor ini memiliki banyak persamaan , namun ada yang membuat motor ini berbeda dari sang adik. Mari kita bahas perbedaan motor kawasaki Ninja 300 dengan Kawasaki Ninja 250 Fi di bawah ini :

MESIN

Pada bagian mesin sangat jelas berbeda. Karena Ninja 300 menggunakan mesin dengan kapasitas 300 cc, DOHC, 8 katup, 2 silinder sejajar, dengan 6 percepatan, menggunakan sistem pendingin berupa cairan ( Liquid Cooled ). Dengan mesin yang besar pastinya motor ini menggunakan tenaga yang sangat handal. Mesin pada Ninja 300 menggunakan piston dengan diameter 62 mm dan stroke berukuran 49 mm. dari penjelasan tadi, tentunya motor Ninja 300 ini memiliki performa mesin yang handal.

Mesin Ninja 300 ini mampu menghasilkan tenaga maksimal hingga mencapai 29.0 kW ( 39 PS ) / 11000 rpm dengan torsi hingga 27 Nm ( 2.8 kgf.m ) / 10000 rpm. Kemudian untuk kecepatan motor ini memiliki kecepatan maksimum mencapai 191 km / jam.

RANGKA YANG KUAT

walaupun memiliki berat yang sama, namun ternyata rangka yang digunakan oleh Ninja 300 lebih kuat dibandingkan dengan Ninja 250 Fi. Rangka yang digunakan adalah berjenis diamond berbahan baja yang kuat dan juga sangat lentur ( fleksibel ). Dengan rangka tersebut tentunya motor ini mampu menghasilkan tingkat kestabilan yang tinggi walaupun motor ini dipacu dengan kecepatan yang tinggi sekalipun.

KOPLING

Motor ini menggunakan teknologi kopling bersistem Assist cluth dan Slipper cluth. Apa fungsi dari teknologi tersebut?? Assist cluth memiliki fungsi untuk memperingan tekanan pada tuas kopling ketika akan menaikkan gigi perseneling, sehingga akan memudahkan pengendara untuk meningkatkan kecepatan saat memacu motor ini. Kemudian Sliper cluth, memiliki fungsi kebalikan dari assist cluth. yaitu untuk melancarkan penurunan gigi perseneling. Jadi Walaupun pada kecepatan tiggi, kita tetap bisa menurunkan gigi secara langsung.

FUEL INJECTION YANG CANGGIH

Menurut kabarnya, motor ini memiliki sistem pengapian yang jauh lebih baik dibandingkan dengan sang adik. Sistem pengapiannya menggunakan Digital Fuel Injection 2 x 32 mm. Dengan sistem ini, tentunya untuk menghidupkan motor ini tidaklah rumit, karena walaupun mesin dalam keadaan dingin motor ini tetap dapat dinyalakan dengan mudah.

Tarikan motor ini juga jauh lebih mantap karena menggunakan teknologi Injeksi. Berkat penerapan injeksi tentunya konsumsi bahan bakar menjadi lebih efisien. Motor ini memiliki tingkat konsumsi bahan bakar sekitar 25,6 km / liter.

WARNA

Untuk saat ini Warna yang disediakan untuk motor ini hanya satu pilihan saja yaitu Lime Green / Pearl Stardust White yang dimana merupakan edisi spesial 30 tahun anniversary edition atau sebagai tanda 30 tahunnya klan ninja telah berkiprah di dunia otomotif.
Sumber gambar https://motohits.files.wordpress.com/2015/02/ninja300_140623jw0610.jpg


SPESIFIKASI

MESIN
  • Berkapasitas 296 cc, 4-Tak (four stroke), DOHC, 2 silinder sejajar, bersistem pendingin cairan/ liquid cooled.
  • Diameter x langkah mesin : 62 mm x 49 mm.
  • Tenaga maksimum : 29.0 kW (39PS) / 11000 rpm
  • torsi : 27 Nm (2.8 kgf.m) /10000 rpm.
  • Perbandingan komrehensi rasio : 10,6 : 1.
  • Sistem pembakaran : Fuel Injection System dengan 32 mm x 2 throttle bodies.
  • Pengapian : Transistor Controlled Ignition (TCI) dengan digital advance.
  • Transmisi : 6 - kecepatan dengan positive neutral finder


DIMENSI
  • Panjang x Lebar : 2015 mm x 715 mm
  • Tinggi : 1110 mm.
  • Jarak poros roda : 1400 mm.
  • Jarak ke tanah : 785 mm.
  • Berat motor : 172 kg.
  • Kapasitas bensin / bahan bakar : 17 liter.


RANGKA
  • Rangka : "Semi-double-cradle, high tensile steel".
  • Suspensi depan : garpu teleskopik 37 mm
  • suspensi belakang : Uni-trak sistem dengan model Gas-Shock dan dengan 5- tingkat penyetelan kenyamanan.
  • Ukuran ban depan : 110/70 - 17 M/C (54S)
  • ban belakang : 140/70 - 17M/C (66S).
  • Rem depan : cakram tunggal 2 kaliber piston hidrolik berdiameter 290 mm
  • Rem belakang : cakram tunggal 2 kaliber piston hidrolik berdiameter 220 mm.


HARGA

Seperti biasanya, motor - motor produk kawasaki selalu di bandrol dengan harga yang tinggi. Begitupun dengan motor ini yang memiliki harga yang tinggi. karena harganya yang tinggi motor ini hanya tersedia sebanyak 300 unit saja. KMI (Kawasaki Motor Indonesia) tidak memasang target penjualan yang besar untuk motornya ini. Jika dari kalian ada yang ingin berminat membeli motor ini mari kita lihat harganya :
Kawasaki Ninja 300 = Rp 87.200.000


Demikianlah pembahasan kita tentang Kawasaki Ninja 300,semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua. lihat juga artikel yang lain mengenai ninja 650. Samapai jumpa di artikel yang selanjutnya. terima kasih.