Inilah Alasan Mengapa RX-KiNG Pantas di Perlakuan Khusus !!
Motor jenis sport turing andalan Yamaha yang menjadi legenda adalah RX-King. Bagaimana tidak? Waktu beredarnya bertahan dari tahun 1983 sampai 2009. Artinya berumur 26 tahun! Mengapa bisa selama itu?
Pertama tentu dari segi penampilan yang tergolong macho. Kedua performa mesin tergolong handal. Bahkan sangat terkenal di dunia balap resmi maupun non-resmi. Baik itu road race sampai drag bike, bahkan juga diandalkan di arena grass track.
Salah satu faktor pendorongnya karena teknologi masih konvensional, sehingga banyak mekanik yang mampu menangani maupun mengoprek jadi kencang. Apalagi pilihan spare part sangat banyak, tersedia dari asli sampai KW yang sangat terjangkau.
Pasaran motor klasik pun saat ini masih cukup bagus. Seperti diungkap oleh Chairudin, dari gerai motor klasik Diana Motor di kawasan Kedoya, Jakbar. “Pasarannya masih bagus, bahkan sekarang cari barang sudah cukup sulit,” jelasnya.
Pria yang biasa disapa Udin ini menambahkan, jika kondisi barang bagus, harganya bisa tinggi. Contohnya harga normal keluaran 2003 sekitar Rp 8 juta, namun jika kondisi istimewa bisa sampai Rp 12 juta.
Nah, lantaran tunggangan sudah dipakai sekitar 7 tahun, perlu dilakukan pengecekan dan penggantian onderdil tertentu agar kinerja mesin optimal.
“Sebagai gambaran, yang mesti diperhatikan adalah kampas kopling, seher dan gir set, juga mesti dicek bagian kaki-kaki seperti sokbreker, tak lupa kampas rem,” papar Agustinus P. dari bengkel Nero Speed.
Original | |
Kampas rem depan | 50.000 |
Kampas rem belakang | 53.000 |
Kampas Kopling | 189.000/set |
Gear set | 148.000 |
Piston | 36.500 |
Ring piston | 69.000 |
Sumber: Yamaha Putra Pos Pengumben di jl.Raya Pos Pengumben No.37 Jakbar |
Semoga bermanfaat & bagikan ke temenmu biar tahu
sumber >> otomotifnet.com