Kamis, 03 November 2016

Inilah Kelebihan Leganda RX-K dan Pantas disebut Kakak Tertua RX-KiNG

Inilah Kelebihan Leganda RX-K dan Pantas disebut Kakak Tertua RX-KiNG
Mungkin, banyak yang berpikir kalau Yamaha RX-King itu pacuan lincah. Mungkin, karena didukung sumbu roda tergolong pendek sebagai pacuan sport. Tetapi, ketika disandingkan dengan Yamaha RX-K yang pantas disebut sebagai kakak tertua RX-King, julukan itu boleh dilimpahkan ke motor yang muncul di Indonesia pertama kali di tahun 1980 ini.



“Bobotnya lebih ringan dan bentuknya tidak terlalu besar, ini membuat handling RX-K lincah,” bilang Adhi Rasta, salah satu bikers penggemar RX-K.



Tetapi, ketika muncul pertama kali, RX-K usung mesin 123 cc. “Karena isi silinder yang 123 cc, banyak juga yang sebut RX-K banci. Cirinya lampu depan dan lampu seinnya masih bulat. Begitu juga spidometernya,” beber Adhi yang tinggal di Pondok Ranji, Tangerang, Banten.





Setelah itu, barulah tahun 1981 dan 1982 muncul RX-K mesin 132 cc. Stroke 58 mm dengan diameter piston 54 cc. Kemunculannya kali ini, sudah aplikasi bentuk headlamp dan sein bahkan spidometer kotak. “Kode silinder blok yang tertera, 4Y200-132 cm³,” tambah Adhi.





Meski sudah berwujud kotak, tapi tangki dan tampilannya masih mengesankan unsur klasik. “Itu yang bikin gue tetap tertarik RX-K. Lebih indah dilihatnya,” timpal Delly Jamika, pemilik RX-K yang motornya kerap juara kontes dengan tampilan orisinalnya.





Nah, sobat yang ingin kembali bernostalgia bersama sport 2-tak dari pabrikan logo garputala ini, beberapa hal kudu dipahami. Sebab, motor yang tergolong legenda ini juga memiliki harga pasaran gelap. Maksudnya, enggak pasti.

Motor ‘bahan’ saja, bisa dimulai dari delapan jut@an. Tapi, tergantung kondisi. Sebab sulit cari bahan yang lengkap. Terutama, bodi. “Itu jadi fokus yang harus diperhatikan. Sebab sulit cari beberapa body part RX-K,” sebut Delly yang motornya pernah ditawar Du@ puluh jut@ tapi tak dilepas.

Spesifikasi Yamaha RX-K (Built up)


  • Model           : 
  • Tahun           : 1980-1983
  • Mesin           : 2-stroke
  • Cylinder        : 1. tegak
  • Kapasitas     : 135 cc (135)
  • Max. power  : 17,5 hp @ 7500 rpm
  • Max. torsi     : 1,54 kg-m @ 8000 rpm
  • Pengapian    : CDI
  • Pelumasan   : autolube
  • Transmisi      : 5-speed (1-N-2-3-4-5)
  • Tangki bbm    : 9,5 liter
  • Tangki olie samping   : 1 liter
  • Suspensi    : depan: telescopic belakang: swing arm, double shockbreaker
  • Ban            : depan: 2.75-18"  -  belakang: 3.00-18"
  • Rem           :  depan: cakram - belakang: tromol


Semoga bermanfaat dan share ke temen-temenmu biar tahu.


sumber : read.motorplus-online.com