Senin, 09 Januari 2017

Banyak di Bicarakan !! Yamaha RX-King Blue Dragon Liaran Head Belimbing Kunci Tiada Lawan ..

Banyak di Bicarakan !! Yamaha RX-King Blue Dragon Liaran Head Belimbing Kunci Tiada Lawan ..



Bukannya mendukung bali alias alias balap liar, tapi elmu mekanik ada di sana. Macam balap malam jarak 500 meter spek bebasan, ya bebas semua komponen dikorek-korek dengan jurus modifikasi. Kalau cerita 2T, pisau tunner bermain pada porting-portingnya. Bebas pula gonta-ganti komponen racing kelas berat. Tinggal tergantung mekanik untuk meramu pas dengan volumetric mesin, agar efisien. 
Yamaha RX-King liaran yang berjuluk Blue Dragon Pemburu Dollar ini, telah korek bebas. Disebut pemburu dollar, karena menang mulu. Catnya juga biru tua yang ada gambar naga.
Langsung cerita pokoknya, kepala silinder pakai special engine YZ  versi lama. Model head-nya belimbing. “Dari dulu  kepala silinder ini diimpikan pengguna RX-King, entah itu dipakai racing benaran dan sekadar bikin gagah. Buat balap mudah membentuk power yang diinginkan,” kata Maclie, pemilik RX-King ini.

Headnya pun masih dikilik sejadinya atau sebebasnya. Tuh head dipapas 3 mm  yang kemudian kubahnya dibentuk parabola. Bebas kan. “Juga squish diatur kembali agar bernafas panjang sesuai jarak 500 meter,” timpal Dwi Ancol, mekanik RX-King dari bengkel Misterius Ancol yang beralamat di Jl. Budi Mulia, No.22, RT15/RW12, Pademangan Barat, Jakarta Utara.
Soal angka squish silakan lihat DATA MODIFIKASI. Yang jelas derajat kemiringan squish tepat untuk dikebut jarak jauh. Dia mampu mengantar uap udara dan bahan bakar ke titik nyala busi. Head juga tak mudah melewati panas ideal karena siirip silinder model belimbing mudah melepas panasnya.
Sayang, Dwi rada keberatan mengumbar model porting-portingnya. Katanya itu rahasia bengkel termasuk angka lubang transfer dan bilas. Tetap pantat silinder dan piston katanya sudah tirus semua untuk mempercepat dan melincinkan arus masuk. Pada wilayah kompresi primer di ruang kruk-as ketepatannya dikendalikan membran canggih V-Force yang juga tipenya ada di DATA MODIF.

Dwi hanya bercerita akal-akalan zaman dulu soal karbu di bali. Bahan karbunya dari RX-Z. Tapi botol skepnya diperbesar di tukang bubut yang otomatis diameter venturi ikut membesar. Maklum mesin sudah modif bebas, harus dilayani lewat karbu yang deras juga.
Hebatnya untuk mengimbangi pemasukan, knalpot dari jauh macam standar. Tapi sodara-sodara jangan tertipu. Itu knalpot yang sudah dirancang ulang konstruksi dan volumenya. Ini knalpot rancangan TYB K-Ijo. Malah untuk menyetel knalpot ini, pasukan TYB meluncur ke Jakarta dari Jawa Timur. Tahu kan TYB K-Ijo? Itu loh yang tahun lalu berjuluk Kolor Ijo di drag bike. Tim disegani di trek lurus resmi.
Bertarung 500 meter sudah tak mungkin dengan mesin seperti cerita di atas masih menggunakan rasio standar. Perbandingan setiap gigi telah disesuaikan dan ini hitungannya; gigi 1 (13-33), gigi 2 (16-29), gigi 3 (19-25), gigi 4 (22-24) dan gigi 5 (23-23). Sedangkan final gir adalah 17-30, waw berat bangat. Rzk

sumber >> maniakmotor.com