Teror 2 Stroke Dari Amerika yang Mengerikan Yamaha TZ750 Flat-Tracker
Mulai dari suspensi, frame, kaki-kaki, sampai mesin, semuanya jauh berbeda – meskipun sama-sama punya 2 roda. . . Motor “dua alam” yang dikonversi ke road bike ? Ada koq, Bahkan ZED milik EA’s Blog merupakan salah satu contohnya… Tapi bagaimana kalau motor road-racer high-performance disulap jadi motor dirt / tracker ? Pastinya sangat-sangat nggak masuk akal. . . Sampai akhirnya pemikiran tersebut diputar-balikkan oleh Yamaha TZ750 Flat-Tracker… Motor balap dirt-track paling fenomenal dan mengerikan sepanjang sejarah. . .
Yamaha TZ750 merupakan salah satu motor homologation racing (motor balap yang dijual masal) dari produsen berlogo garputala… Catatan rekor balapnya di kancah Daytona 200 sangat impresif ! Mampu mengasapi motor balap berpower mengerikan lainnya, Seperti Kawasaki H2R, Suzuki GT750, ataupun Honda CR750. . . Ditambah dengan 2 pebalap kenamaan yang menjinakkan motor ini : Giacomo Agostini & Kenny Roberts Sr. … Tak ayal, Unit produksinya yang hanya 600-an pun ludes terjual !
Apa faktor yang membuat motor ini melegenda di kancah balap endurance tersebut ?? Well, Pertama pasti sektor mesinnya… Tanpa bermaksud mengecilkan ajang WorldGP, Tapi Yamaha TZ750 jelas lebih powerfull dan mengerikan dibanding motor GP500 Yamaha kala itu, YZR500. . . Mengusung spesifikasi teknis mesin 2-Tak, Inline-Four, Cross-Port, Liquid-Cooled, TZ750 mampu memuntahkan tenaga hingga 140 HP via ban belakang ! Mesin ini merupakan penggabungan dari 2 mesin TZ350 WGP Inline-Twin, Motor balap Yamaha di kancah GP 350cc. . .
Tak hanya itu, Yamaha TZ750 juga menjadi pionir pengembangan frame, suspensi, serta handling di kancah Daytona 200… Yang saat itu diisi banyak motor 2-Tak super kencang (H2R, GT750, dll), Tapi tak satupun diantaranya yang punya handling bersahabat. . . Pengembangan ini juga salah satu kunci, yang nantinya bakal berpengaruh terhadap kesuksesan Kenny Roberts bersama YZR500 GP, Yang menguasai ajang WorldGP di akhir era 70-an. . .
Spesifikasi Mesin Yamaha TZ750
Engine : 2-Tak, Inline-Four (4 Silinder), Cross-Port Distribution, Liquid-Cooled
Bore x Stroke : 64 x 54 mm (1973) | 66.4 x 54 mm (1975 – 1983)
Kapasitas Silinder : 694 cc | 747 cc
Sistem Penyuplai BBM : 4 x Karburator Mikuni VM34
Rasio Kompresi : 7.3 : 1
Transmisi : 6-Speed, Dry-Sump Clutch
Max Power : 105 – 140 HP @ 10.500 RPM
sumber >> enoanderson.com