Ngeri Bengeeet !! Kok Bisa RX-King ini Jadi 4 Tak !! Ternyata Begini Alasan Sang Pemilik Merubahnya..
Motor lansiran pabrikan berlambang garputala ini memang layak disebut
sebagai The Legend. Sejak awal kelahirannya di era 80an telah menjadi idola banyak biker terutama para kawula muda.
Desainnya yang ringkas dan lincah serta dibekali mesin 2 Tak 135 cc bertanaga bengis dengan tarikan responsif, membuat para speedgoers tergilagila akan performanya.
Bahkan sempat ramai digunakan untuk tindak kejahatan di jalanan. Tak ayal, motor ini mendapat julukan Si Raja Jambret.
“Saya sudah jatuh cinta pada motor ini sejak lama, namun kini ingin ada penyegaran terutama di sector mesin. Mengikuti perkembangan zaman tanpa mengurangi ciri khasnya tampilan RX-King ini” Buka Arvin Santoso, sang pemilik. Namun, niatan tersebut tak mungkin dilakukannya sendiri mengingat bahwa dia bukanlah seorang mekanik. Selanjutnya, sebuah bengkel bubut berlabel Sumber Rejeki Motor di Ajibarang, Banyumas pun dijadikan ‘rujukan’.
“Pemilik ingin mesin “Jambretnya” yang semula two stroke dirubah jadi empat langkah biar tak ketinggalan zaman alias kekinian gitu,..haha” ungkap Didit Kristiawan, sang mekanik. Bengkel dengan skill mumpuni dan peralatan yang memadai ini tak merasa kerepotan mendapat job tersebut. Apalagi dengan pengalamannya yang sudah cukup lama malang melintang di dunia teknik perbengkelan, order apapun yang berhubungan dengan mesin bakalan disikat abis.
MESIN.
Untuk merubah mesin menjadi 4 Tak, tim SRM mencomot part milik Satria F150 komplit. Hampir semua jeroan seperti setang seher, kruck us dan piston magnet spul semua dari FU. Pastinya pengaplikasian tersebut tak bisa plug and play. “Mesti rubah dudukan mengandalkan las babet agar blok dan head FU bisa terpasang sempurna” jelas Didit sembari menambahkan bahwa pompa oli memakai kepunyaan Jupiter, pengapian dari Shogun ‘kebo’ serta knalpot kustom. Kini, dengan kapasitas menjadi 150 cc diiringi pengabut bahan bakar PE 28 dipadu dengan gearbox RXS, tarikan tetap bengis dan bikin pangling tampilan.
RANGKA DAN BODY.
Karena ingin tetap kental aura klasiknya, di sector rangka dan body tak banyak mengalami perubahan. Terlihat hanya beberapa part yang diganti semisal shock depan yang comot eks Yamaha Byson ditambah head lamp bulat. Stir sendiri masih andalkan model lawas yang terkenal lincah untuk selap selip. Swing arm kotak dan shock YSS menggusur part lawasnya biar terlihat segar.
DATA MODIFIKASI
- Blok : Satria FU
- Head : Satria FU
- Piston : Satria FU
- Oil cooler : Satria FU
- Pompa oli : Jupiter
- Karburator : PE28
- Swing arm : Supertrack
- Ban depan : Zeneos 110/70-17
- Ban belakang : Zeneos 120/70-17