Kamis, 25 Mei 2017

Ngeri Bengeeet !! Kok Bisa RX-King ini Jadi 4 Tak !! Ternyata Begini Alasan Sang Pemilik Merubahnya..

Ngeri Bengeeet !! Kok Bisa RX-King ini Jadi 4 Tak !! Ternyata Begini Alasan Sang Pemilik Merubahnya..




Motor  lansiran    pabrikan  berlambang  garputala  ini  memang  layak  disebut  
sebagai  The  Legend. Sejak  awal  kelahirannya  di  era  80an  telah  menjadi    idola  banyak biker  terutama  para  kawula  muda.  
Desainnya  yang  ringkas  dan  lincah  serta  dibekali mesin  2  Tak  135 cc  bertanaga  bengis  dengan  tarikan  responsif,  membuat  para  speedgoers   tergilagila  akan  performanya.    

Bahkan  sempat  ramai  digunakan  untuk  tindak  kejahatan  di  jalanan.  Tak   ayal,  motor  ini  mendapat  julukan  Si Raja  Jambret.

“Saya  sudah  jatuh  cinta  pada  motor  ini  sejak  lama,  namun  kini  ingin    ada  penyegaran  terutama  di  sector  mesin.  Mengikuti  perkembangan    zaman  tanpa  mengurangi ciri  khasnya  tampilan  RX-King  ini” Buka  Arvin  Santoso,  sang  pemilik.  Namun,  niatan  tersebut  tak  mungkin   dilakukannya  sendiri  mengingat  bahwa  dia  bukanlah  seorang mekanik.  Selanjutnya,  sebuah  bengkel  bubut   berlabel  Sumber  Rejeki    Motor  di  Ajibarang,   Banyumas  pun  dijadikan  ‘rujukan’.



 “Pemilik  ingin  mesin  “Jambretnya”  yang  semula  two  stroke dirubah  jadi  empat langkah  biar  tak  ketinggalan  zaman  alias  kekinian gitu,..haha” ungkap  Didit  Kristiawan,  sang mekanik.  Bengkel  dengan  skill  mumpuni  dan  peralatan  yang  memadai  ini  tak  merasa kerepotan  mendapat  job  tersebut.  Apalagi  dengan  pengalamannya  yang sudah  cukup  lama  malang  melintang  di  dunia  teknik  perbengkelan,  order   apapun  yang  berhubungan  dengan  mesin  bakalan  disikat  abis.


MESIN. 





Untuk  merubah  mesin  menjadi   Tak,  tim  SRM  mencomot part  milik   Satria  F150   komplit.  Hampir  semua  jeroan  seperti   setang  seher kruck  us  dan  piston  magnet  spul  semua  dari  FU.   Pastinya  pengaplikasian  tersebut  tak  bisa  plug  and  play.  Mesti rubah  dudukan mengandalkan  las  babet  agar  blok  dan  head  FU  bisa    terpasang  sempurna” jelas  Didit  sembari  menambahkan  bahwa  pompa  oli  memakai  kepunyaan  Jupiter,  pengapian  dari  Shogun  ‘kebo’  serta  knalpot  kustom.  Kini,  dengan  kapasitas  menjadi  150 cc  diiringi  pengabut  bahan  bakar  PE  28  dipadu  dengan  gearbox  RXS,   tarikan tetap  bengis  dan  bikin  pangling  tampilan.


RANGKA DAN BODY. 

Karena  ingin  tetap  kental  aura  klasiknya,  di sector  rangka  dan  body  tak  banyak  mengalami  perubahan.  Terlihat  hanya  beberapa  part  yang  diganti semisal  shock  depan  yang  comot  eks  Yamaha  Byson  ditambah  head  lamp  bulat.   Stir  sendiri  masih  andalkan  model  lawas  yang  terkenal  lincah    untuk  selap  selip.  Swing  arm  kotak  dan  shock  YSS  menggusur  part    lawasnya  biar  terlihat  segar.

DATA MODIFIKASI
  • Blok                   : Satria FU
  • Head                 : Satria FU
  • Piston                : Satria FU
  • Oil cooler           : Satria FU
  • Pompa oli          : Jupiter
  • Karburator         : PE28
  • Swing arm         : Supertrack
  • Ban depan         : Zeneos 110/70-17
  • Ban belakang     : Zeneos 120/70-17